PROFIL
MADRASAH ALIYAH NUURUL WAAHID
PONDOK
PESANTREN NUURUL WAAHID
1. NAMA
Madrasah Aliyah Nuurul Waahid
2. VISI DAN MISI
VISI
Menjadi lembaga pendidikan yang
berkualitas, sebagai contributor terdepan mencetak kader da’i yang bijak
MISI
·
Mentransformasikan ilmu pengetahuan dan bahasa
·
Menanamkan nilai-nilai Islam dan
akhlaqul karimah
·
Mengarahkan masyarakat menuju kehidupan yang Islami
3. TUJUAN
Tujuan umum
Tujuan
Madrasah sebagai bagian dari tujuan pendidikan nasional adalah meningkatkan
kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia serta ketrampilan untuk
hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut.
Tujuan
pengembangan ciri khas Agama Islam pada Madrasah Aliyah NUURUL WAAHID adalah :
·
memberikan landasan Islami yang kokoh agar
peserta didik memiliki kepribadian yang kuat dilandasi oleh nilai-nilai
keislaman bagi perkembangan kehidupan selanjutnya.
·
Membina dan Membentuk Kader kader dai yang
mempunyai manhaj da’wah yang shahih
·
Menebarkan Ilmu dan pemahaman Islam yang
Ilmiyah.
·
Membekali anak didik dengan Ilmu-Ilmu alat yang
digunakan dalam dakwah.
·
Mempunyai kemampuan menjelaskan sebagian
kitab-kitab para ulama, dalam berbagai bidang, seperti :
aqidah, fiqh, hadist, tafsir dan lain-lain.
Tujuan
khusus
Lulusan
Madrasah Aliyah NUURUL WAAHHID diharapkan :
·
Mampu membaca
Al-Qur’an yang baik dan benar (itqon)
·
Hafal 5 juz Al-Qur’an bagi peserta didik
berasal dari SMP IT, pondok pesantren dan sejenisnya, hafal 4 juz bagi siswa
didik yang berasal dari I’dad
·
Mahir berbahasa Arab, Inggris dan Indonesia
dengan baik dan benar
·
Memiliki kepribadian yang islami.
Tujuan
akhir
·
Beraqidah Lurus
·
Beribadah yang benar
·
Berakhlaq mulia
·
Berilmu dan berwawasan luas
·
Berbadan sehat dan kuat
·
Sanggup berusaha, terampil dan mandiri
·
Sanggup mengendalikan hawa nafsunya
·
Mampu mengatur waktu dengan efisien
·
Teratur dan rapi dalam segala urusannya
·
Bermanfa'at bagi masyarakat (menjadi da‘i yang
produktif)
4. DISTRIBUSI PENCAPAIAN TUJUAN-TUJUAN MA NUURUL WAAHID
·
Kurikulum Halaqah Tarbiyah : merealisasikan pencapaian 10 tujuan akhir dan memiliki ghirah
islamiyah yang tinggi
·
Kurikulum
Kepanduan dan Olah Raga : membantu
pencapaian 10 tujuan akhir yang berkaitan dengan kekuatan dan keterampilan
fisik
·
Kurikulum
Pembinaan Organisasi dan Life skill : merealisasikan pencapaian 10 tujuan Akhir
yang berkaitan dengan keterampilan organisasi dan leadership
·
Kurikulum
Akademik :
merealisasiakan tujuan umum Madrasah Tsanawiyah, I'dad dan Aliyah
·
Kurikulum
Bahasa :
merealisasikan kemahiran berbahasa Arab, Inggris dan Indonesia.
·
Kurikulum
Tahfidz dan Tahsin :
merealisasikan bacaan santri yang standar dan 5 juz hafalan dengan itqan
5. PROGRAM UNGGULAN
·
Tahfidz Al-Qur’an
·
Bahasa Arab dan Inggris aktif
6. JENJANG PENDIDIKAN
·
Madrasah Aliyah Nuurul Waahid
·
Program persiapan (Idhofah) MA Nuurul Waahid
Untuk mengakomodir lulusan SMP umum
yang ingin melanjutkan di MA NUURUL WAAHID, jangka waktu
tertentu, kurikulum memahami dasar-dasar
ilmu pengetahuan Islam dan Bahasa Arab.
7. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan Utama, meliputi :
·
Kegiatan Akademik
·
Halaqoh Tarbawiyah
·
Tahsin dan Tahfidz Al-Qur’an
·
Pembinaan Bahasa
·
Pembinaan
ketrampilan hidup (Life Skill)
Kegiatan Ekstra kurikuler, diantaranya :
·
KIR (Karya Ilmiah Remaja)
·
Pramuka
·
Bela diri
·
Retorika
(Latihan Pidato)
·
Seni Islami
·
Olah Raga
·
Keputrian
·
Jurnalistik
8.
PENGEMBANGAN KURIKULUM MA NUURUL WAAHID
Pengembangan kurikulum
merupakan proses yang kompleks, dan melibatkan berbagi faktor yang saling
terkait. Oleh karena itu dalam proses pengembangan kurikulum, tidak hanya menuntut
keterampilan teknis dalam mengembangkan berbagai komponen, tetapi harus pula
dipahami berbagai faktor yang mempengaruhinya
MA NUURUL WAAHID sebagai
sebuah lembaga pendidikan yang berkwalitas sebagai kontributor terdepan dalam
mencetak kader da’i yang bijak dalam mengembangkan kurikulum perlu memperhatikan
hal-hal berikut :
·
Kurikulum nasional, (Kemendikbud
dan Kemenag), Karena MA NUURUL
WAAHID sebagai institusi pendidikan formal berafiliasi ke Kemenag. Hal ini sangat terkait dengan legalitas penilaian
dan jurusan yang tersedia.
·
Kebutuhan dakwah dilapangan, karena kader da’i
yang diharapkan adalah kader profesional yang memiliki spesialisasi sesuai
dengan kebutuhan dakwah. Kejelasan kriteria kader da’i perlu ditegaskan
kembali, karena kriteria itu harus dicapai dalam pendidikan dan tercantum
dengan jelas dalam kurikulum.
·
Program unggulan
Pesantren. Hal ini harus sesuai dengan visi dan misi yang akan dicapai secara
bersama oleh struktur kurikulum Pesantren. Program unggulan ini akan menjadi
stresing dalam penyusunan indikator ketercapaian tujuan pesantren secara umum.
·
Keinginan orang tua,
sebagai pihak yang mengamanahkan pendidikan putra-putri mereka kepada
pesantren. Diperlukan data statistik yang akurat yang
dapat dijadikan pegangan dalam pengembangan kurikulum.
·
Kecerdasan, minat dan
bakat santri. Kurikulum yang baik adalah kurikulum yang sesuai dengan kemampuan
dan kemauan santri sebagai subjek pembelajaran.
·
Perguruan tinggi yang
biasanya dijadikan alternatif oleh tamatan pesantren untuk melanjutkan
pendidikan di perguruan tinggi. Pesantren harus memiliki data perguruan tinggi
dalam dan luar negri dengan jurusan-jurusan yang tersedia. Sehingga santri
dalam memilih jurusan sudah memilki gambaran yang pasti tentang masa depannya.
·
Sumber daya pengajar yang tersedia. Keberadan
guru pengajar sangat menentukan mutu pendidikan dan capaian hasil belajar. Maka
perlu disesuaikan antara jumlah guru dengan spesialisasinya masing-masing
dengan jurusan yang ada di pesantren.
·
Sumber belajar seperti perpustakaan,
laboratorium, dan sarana penunjang lainnya. Termasuk ruang audio visual, ruang
komputer, VCD dll
9.
KURIKULUM MA NUURUL WAAHID
Dalam menterjemahkan Visi dan Misi MA NUURUL WAAHID mempergunakan kurikulum mandiri yang merupakan integrasi dari:
·
Kurikulum Kemenag/Kemendikbud
·
Kurikulum Pesantren
10.
DISTRIBUSI PENCAPAIAN VISI
DAN MISI MAPK DALAM KURIKULUM DAN KOMPETENSI LULUSAN
1.
|
VISI & MISI
MAPK PONDOK PESANTREN NUURUL WAAHID
|
Visi :
“Menjadi lembaga yang berkwalitas sebagai kontributor
terdepan dalam mencetak kader da’i yang bijak”.
Misi :
þ
Transformasi ilmu Pengetahuan dan Bahasa
þ
Menanamkan nilai-nilai Islam dan Akhlaqul
Karimah
þ
Da’wah dan mengarahkan masyarakat menuju
kehidupan yang Islami
|
2.
|
DISTRIBUSI PENCAPAIAN
VISI & MISI MAPK PONDOK PESANTREN NUURUL WAAHID
|
Untuk merealisasikan visi dan misi, serta
tujuan khusus, tujuan umum dan tujuan akhir Pesantren maka harus ada
pembagian yang jelas secara kurikulum diantara bagian-bagian yang ada
dipesantren. Sehingga visi dan misi tersebut dapat diterjemahkan secara
Kurikulum.
Minimal harus ada 8 kurikulum yang harus disiapkan
untuk merealisasikan visi misi diatas. Yaitu :
1. Kurikulum
Halaqah Tarbiyah merealisasikan pencapaian 10 muwashafat
tarbawiyah dan memiliki ghirah islamiyah yang tinggi
2. Kurikulum
Pembinaan Ruhiyah merealisasikan pencapaian 10 muwashafat
tarbawiyah yang berkaitan dengan ruhiyah
3.
Kurikulum Kepanduan merealisasikan pencapaian 10 muwashafat tarbawiyah
yang berkaitan dengan kepanduan dan keterampilan fisik
4.
Kurikulum Olah Raga dan
Kesehatan merealisasikan 10
muwashafat tarbawiyah yang terkait dengan kesehatan dan kekuatan fisik.
5.
Kurikulum Pembinaan
Organisasi dan Life skill merealisasikan pencapaian 10 muwashafat
tarbawiyah yang berkaitan dengan keterampilan organisasi, leadership dan life
skill
6.
Kurikulum Pelatihan
dakwah merealisasikan visi
pesantren sebagai pesantren dakwah dan mengarahkan masyarakat menuju
kehidupan yang Islami
7.
Kurikulum Akademik merealisasiakan transformasi ilmu pengetahuan dan
bahasa dalam mencapai kompetensi akademik Madrasah Tsanawiyah, I'dad dan
Aliyah
8.
Kurikulum Bahasa Arab merealisasikan kemahiran berbahasa Arab
9.
Kurikulum Bahasa Inggris merealisasikan kemahiran berbahasa Inggris
10. Kurikulum Tahfidz dan Tahsin merealisasikan bacaan santri yang standar dan 5 juz
hafalan dengan itqan
|
3.
|
KOMPETENSI LULUSAN HALAQAH TARBAWIYAH
|
KOMPETENSI TARBAWI :
1.
Beraqidah Lurus
2.
Beribadah yang benar
3.
Berakhlaq mulia
4.
Berilmu dan berwawasan luas
5.
Berbadan sehat dan kuat
6.
Sanggup berusaha, terampil dan mandiri
7.
Sanggup mengendalikan hawa nafsunya
8.
Mampu mengatur waktu dengan efisien
9.
Teratur dan rapi dalam
segala urusannya
10. Bermanfa'at bagi masyarakat (menjadi da'i produktif)
|
4.
|
KOMPETENSI
LULUSAN RUHIYAH
|
1.
Mampu mentarbiyah diri
dengan Ibadah Fardhu dan Nawafil
2.
Mampu mentarbiyah diri
dengan Ibadah Qalbiyah
3.
Mampu mentarbiyah diri
dengan Raqa’i (Pelembut Qalbu)
4.
Mampu mentarbiyah diri
dengan Aqidah
5.
Mampu mentarbiyah diri
dengan berqudwah kepada Rasulullah saw.
|
5.
|
KOMPETENSI LULUSAN KEPANDUAN
|
1.
Memahami konsep dasar kepanduan
2.
Menguasai keterampilan
kepanduan
3.
Memiliki keterampilan P3M
|
6.
|
KOMPETENSI LULUSAN OLAH
RAGA &KESEHATAN
|
1.
Menguasai konsep hidup sehat
2.
Membiasakan hidup sehat
dengan menjaga kebersihan dan gizi
3.
Membiasakan hidup sehat
dengan olah raga
4.
Menguasai salah satu cabang olah raga
5.
Memiliki keterampilan bela diri
6.
Memiliki kedisiplinan
yang tinggi dan sportifitas
|
7.
|
KOMPETENSI LULUSAN
PEMBINAAN ORGANISASI & LIFE SKILL
|
1.
Memiliki dasar-dasar leadership
2.
Memiliki dasar-dasar administrasi
3.
Memiliki personal skill
4.
Memiliki Thinking skill
5.
Memiliki sosial skill
6.
Memiliki
academik skill
7.
Memilki vocasioanal skill
|
8.
|
KOMPETENSI LULUSAN PELATIHAN DAKWAH
|
1.
Memiliki pemahaman
tentang konsep dakwah dengan baik
2.
Mampu memahami methode-methode dakwah
3.
Mampu melaksanakan
dakwah fardiyah
4.
Mampu melaksanakan dakwah ‘amah
5.
Memahami kewajiban mentarbiyah
6.
Melaksanakan Tarbiyah (mengelola Halaqah)
|
9.
|
KOMPETENSI LULUSAN AKADEMIK
|
1.
Mampu memahami kandungan
surat Al-Baqarah dan juz 30 dengan baik dan benar
2.
Mampu menghafal
hadits-hadits Arbain Nawawiyah serta memahami kandungannya dengan baik dan
benar
3.
Mampu memahami Aqidah
Islamiyah sesuai dengan manhaj Ahlus sunnah wal jama'ah serta menerapkannya
dalam kehidupan sehari-hari
4.
Memahami konsep ibadah
dan muamalah yang benar sesuai tuntunan Rasulullah saw serta memiliki wawasan
yang baik tentang hukum fiqh yang rajih dalam mazahib arba'ah
5.
Mampu memahami
dasar-dasar Ilmu Tafsir, Ilmu Hadits dan Ushul Fiqh dengan baik
6.
Mampu memahami sirah
nabawiyah dengan baik dan memahami dasar-dasar fiqh da'wah sesuai dengan manhaj
dakwah Rasulullah saw
7.
Mampu berbahasa Arab,
Inggris, dan Indonesia baik lisan maupun tulisan dengan baik dan benar
8.
Mampu menerapkan qawaid
bahasa Arab dalam memahami literatur berbahasa Arab
9.
Menguasai ilmu kauni
dengan baik dan benar
10. Menguasai ilmu
sosial dengan baik dan benar
|
10.
|
KOMPETENSI LULUSAN BAHASA ARAB
|
1.
Terampil dalam istima’
2.
Terampil dalam muhadatsah
3.
Terampil dalam qiraah
4.
Terampil dalam kitabah
5.
Mampu berpidato dalam bahasa Arab
|
11.
|
KOMPETENSI LULUSAN BAHASA INGGRIS
|
1.
Terampil dalam listening
2.
Terampil dalam speaking
3.
Terampil dalam reading
4.
Terampil dalam writing
5.
Mampu
berpidato dengan bahasa Inggris
|
12.
|
KOMPETENSI LULUSAN
TAHFIDZ & TAHSIN
|
1.
Memiliki bacaan
Al-Qur’an yang baik dan benar sesuai dengan qaidah tajwid
2.
Memiliki hafalan 5 juz
Al-Qur’an dengan itqan
3.
Mampu Berprilaku dengan
Akhlaq Al-qur'an
|
(Boleh bersambung jika tidak muat)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar