Laman

Rabu, 02 Oktober 2013

PROFIL MADRASAH ALIYAH NUURUL WAAHID PONDOK PESANTREN NUURUL WAAHID



PROFIL

MADRASAH ALIYAH NUURUL WAAHID
PONDOK PESANTREN NUURUL WAAHID

1.      NAMA
Madrasah Aliyah Nuurul Waahid

2.      VISI DAN MISI

VISI
Menjadi lembaga pendidikan yang berkualitas, sebagai contributor terdepan mencetak kader da’i yang bijak

MISI
·         Mentransformasikan ilmu pengetahuan dan bahasa
·         Menanamkan nilai-nilai Islam dan akhlaqul karimah
·         Mengarahkan masyarakat menuju kehidupan yang Islami


3.      TUJUAN
Tujuan umum
Tujuan Madrasah sebagai bagian dari tujuan pendidikan nasional adalah meningkatkan kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia serta ketrampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut.
Tujuan pengembangan ciri khas Agama Islam pada Madrasah Aliyah NUURUL WAAHID adalah :
·         memberikan landasan Islami yang kokoh agar peserta didik memiliki kepribadian yang kuat dilandasi oleh nilai-nilai keislaman bagi perkembangan kehidupan selanjutnya.
·         Membina dan Membentuk Kader kader dai yang mempunyai manhaj da’wah yang shahih
·         Menebarkan Ilmu dan pemahaman Islam yang Ilmiyah.
·         Membekali anak didik dengan Ilmu-Ilmu alat yang digunakan dalam dakwah.
·         Mempunyai kemampuan menjelaskan sebagian kitab-kitab para ulama, dalam berbagai bidang, seperti : aqidah, fiqh, hadist, tafsir dan lain-lain.
Tujuan khusus
Lulusan Madrasah Aliyah NUURUL WAAHHID diharapkan :
·         Mampu membaca Al-Qur’an yang baik dan benar (itqon)
·         Hafal 5 juz Al-Qur’an bagi peserta didik berasal dari SMP IT, pondok pesantren dan sejenisnya, hafal 4 juz bagi siswa didik yang berasal dari I’dad
·         Mahir berbahasa Arab, Inggris dan Indonesia dengan baik dan benar
·         Memiliki kepribadian yang islami.
Tujuan akhir
·         Beraqidah Lurus
·         Beribadah yang benar
·         Berakhlaq mulia
·         Berilmu dan berwawasan luas
·         Berbadan sehat dan kuat
·         Sanggup berusaha, terampil dan mandiri
·         Sanggup mengendalikan hawa nafsunya
·         Mampu mengatur waktu dengan efisien
·         Teratur dan rapi dalam segala urusannya
·          Bermanfa'at bagi masyarakat (menjadi da‘i yang produktif)

4.      DISTRIBUSI PENCAPAIAN TUJUAN-TUJUAN MA NUURUL WAAHID
·         Kurikulum Halaqah Tarbiyah : merealisasikan pencapaian 10 tujuan akhir dan memiliki ghirah islamiyah yang tinggi
·         Kurikulum Kepanduan dan Olah Raga : membantu pencapaian 10 tujuan akhir yang berkaitan dengan kekuatan dan keterampilan fisik
·         Kurikulum Pembinaan Organisasi dan Life skill  : merealisasikan pencapaian 10 tujuan Akhir yang berkaitan dengan keterampilan organisasi dan leadership
·         Kurikulum Akademik : merealisasiakan tujuan umum Madrasah Tsanawiyah, I'dad dan Aliyah
·         Kurikulum Bahasa : merealisasikan kemahiran berbahasa Arab, Inggris dan Indonesia.
·         Kurikulum Tahfidz dan Tahsin : merealisasikan bacaan santri yang standar dan 5 juz hafalan dengan itqan

5.      PROGRAM UNGGULAN
·         Tahfidz Al-Qur’an
·         Bahasa Arab dan Inggris aktif

6.      JENJANG PENDIDIKAN
·         Madrasah Aliyah Nuurul Waahid
·         Program persiapan (Idhofah) MA Nuurul Waahid
Untuk mengakomodir lulusan SMP umum yang ingin melanjutkan di MA  NUURUL WAAHID, jangka waktu  tertentu, kurikulum memahami dasar-dasar ilmu pengetahuan Islam dan Bahasa Arab.

7.      KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan Utama, meliputi :
·         Kegiatan Akademik
·         Halaqoh Tarbawiyah
·         Tahsin dan Tahfidz Al-Qur’an
·         Pembinaan Bahasa
·         Pembinaan ketrampilan hidup (Life Skill)

Kegiatan Ekstra kurikuler, diantaranya :
·         KIR (Karya Ilmiah Remaja)
·         Pramuka
·         Bela diri
·         Retorika (Latihan Pidato)
·         Seni Islami
·         Olah Raga
·         Keputrian
·         Jurnalistik



8.      PENGEMBANGAN KURIKULUM MA NUURUL WAAHID
Pengembangan kurikulum merupakan proses yang kompleks, dan melibatkan berbagi faktor yang saling terkait. Oleh karena itu dalam proses pengembangan kurikulum, tidak hanya menuntut keterampilan teknis dalam mengembangkan berbagai komponen, tetapi harus pula dipahami berbagai faktor yang mempengaruhinya
MA NUURUL WAAHID sebagai sebuah lembaga pendidikan yang berkwalitas sebagai kontributor terdepan dalam mencetak kader da’i yang bijak dalam mengembangkan kurikulum perlu memperhatikan hal-hal berikut :
·         Kurikulum nasional, (Kemendikbud dan  Kemenag), Karena MA NUURUL WAAHID sebagai institusi pendidikan formal berafiliasi ke Kemenag. Hal ini sangat terkait dengan legalitas penilaian dan jurusan yang tersedia.
·         Kebutuhan dakwah dilapangan, karena kader da’i yang diharapkan adalah kader profesional yang memiliki spesialisasi sesuai dengan kebutuhan dakwah. Kejelasan kriteria kader da’i perlu ditegaskan kembali, karena kriteria itu harus dicapai dalam pendidikan dan tercantum dengan jelas dalam kurikulum.
·         Program unggulan Pesantren. Hal ini harus sesuai dengan visi dan misi yang akan dicapai secara bersama oleh struktur kurikulum Pesantren. Program unggulan ini akan menjadi stresing dalam penyusunan indikator ketercapaian tujuan pesantren secara umum.
·         Keinginan orang tua, sebagai pihak yang mengamanahkan pendidikan putra-putri mereka kepada pesantren. Diperlukan data statistik yang akurat yang dapat dijadikan pegangan dalam pengembangan kurikulum.
·         Kecerdasan, minat dan bakat santri. Kurikulum yang baik adalah kurikulum yang sesuai dengan kemampuan dan kemauan santri sebagai subjek pembelajaran.
·         Perguruan tinggi yang biasanya dijadikan alternatif oleh tamatan pesantren untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi. Pesantren harus memiliki data perguruan tinggi dalam dan luar negri dengan jurusan-jurusan yang tersedia. Sehingga santri dalam memilih jurusan sudah memilki gambaran yang pasti tentang masa depannya.
·         Sumber daya pengajar yang tersedia. Keberadan guru pengajar sangat menentukan mutu pendidikan dan capaian hasil belajar. Maka perlu disesuaikan antara jumlah guru dengan spesialisasinya masing-masing dengan jurusan yang ada di pesantren.
·         Sumber belajar seperti perpustakaan, laboratorium, dan sarana penunjang lainnya. Termasuk ruang audio visual, ruang komputer, VCD dll

9.      KURIKULUM MA NUURUL WAAHID
Dalam menterjemahkan Visi dan Misi MA NUURUL WAAHID  mempergunakan kurikulum mandiri yang merupakan integrasi dari:
·         Kurikulum Kemenag/Kemendikbud
·         Kurikulum Pesantren

10.  DISTRIBUSI PENCAPAIAN VISI DAN MISI MAPK DALAM KURIKULUM DAN KOMPETENSI LULUSAN

1.  
VISI & MISI
MAPK PONDOK PESANTREN NUURUL WAAHID
Visi :
“Menjadi lembaga yang berkwalitas sebagai kontributor terdepan dalam mencetak kader da’i yang bijak”.
Misi :
þ  Transformasi ilmu Pengetahuan dan Bahasa
þ  Menanamkan nilai-nilai Islam dan Akhlaqul Karimah
þ  Da’wah dan mengarahkan masyarakat menuju kehidupan yang Islami

2.  
DISTRIBUSI PENCAPAIAN VISI & MISI MAPK PONDOK PESANTREN NUURUL WAAHID
Untuk merealisasikan visi dan misi, serta tujuan khusus, tujuan umum dan tujuan akhir Pesantren maka harus ada pembagian yang jelas secara kurikulum diantara bagian-bagian yang ada dipesantren. Sehingga visi dan misi tersebut dapat diterjemahkan secara Kurikulum.
Minimal harus ada 8 kurikulum yang harus disiapkan untuk merealisasikan visi misi diatas. Yaitu :
1.       Kurikulum Halaqah Tarbiyah merealisasikan pencapaian 10 muwashafat tarbawiyah dan memiliki ghirah islamiyah yang tinggi
2.      Kurikulum Pembinaan Ruhiyah merealisasikan pencapaian 10 muwashafat tarbawiyah yang berkaitan dengan ruhiyah
3.      Kurikulum Kepanduan merealisasikan pencapaian 10 muwashafat tarbawiyah yang berkaitan dengan kepanduan dan keterampilan fisik
4.      Kurikulum Olah Raga dan Kesehatan merealisasikan 10 muwashafat tarbawiyah yang terkait dengan kesehatan dan kekuatan fisik.
5.      Kurikulum Pembinaan Organisasi dan Life skill  merealisasikan pencapaian 10 muwashafat tarbawiyah yang berkaitan dengan keterampilan organisasi, leadership dan life skill
6.      Kurikulum Pelatihan dakwah merealisasikan visi pesantren sebagai pesantren dakwah dan mengarahkan masyarakat menuju kehidupan yang Islami
7.      Kurikulum Akademik merealisasiakan transformasi ilmu pengetahuan dan bahasa dalam mencapai kompetensi akademik Madrasah Tsanawiyah, I'dad dan Aliyah
8.     Kurikulum Bahasa Arab merealisasikan kemahiran berbahasa Arab
9.      Kurikulum Bahasa Inggris merealisasikan kemahiran berbahasa Inggris
10.  Kurikulum Tahfidz dan Tahsin merealisasikan bacaan santri yang standar dan 5 juz hafalan dengan itqan

3.  
KOMPETENSI LULUSAN HALAQAH TARBAWIYAH

KOMPETENSI TARBAWI :
1.         Beraqidah Lurus
2.         Beribadah yang benar
3.         Berakhlaq mulia
4.         Berilmu dan berwawasan luas
5.         Berbadan sehat dan kuat
6.         Sanggup berusaha, terampil dan mandiri
7.         Sanggup mengendalikan hawa nafsunya
8.         Mampu mengatur waktu dengan efisien
9.         Teratur dan rapi dalam segala urusannya
10.     Bermanfa'at bagi masyarakat (menjadi da'i produktif)

4.  
KOMPETENSI LULUSAN RUHIYAH
1.          Mampu mentarbiyah diri dengan Ibadah Fardhu dan Nawafil
2.         Mampu mentarbiyah diri dengan Ibadah Qalbiyah
3.         Mampu mentarbiyah diri dengan Raqa’i (Pelembut Qalbu)
4.         Mampu mentarbiyah diri dengan Aqidah
5.         Mampu mentarbiyah diri dengan berqudwah kepada Rasulullah saw.

5.  
KOMPETENSI LULUSAN KEPANDUAN
1.         Memahami konsep dasar kepanduan
2.         Menguasai keterampilan kepanduan
3.         Memiliki keterampilan P3M
 
6.  
KOMPETENSI LULUSAN OLAH RAGA &KESEHATAN
1.         Menguasai konsep hidup sehat
2.         Membiasakan hidup sehat dengan menjaga kebersihan dan gizi
3.         Membiasakan hidup sehat dengan olah raga
4.         Menguasai salah satu cabang olah raga
5.         Memiliki keterampilan bela diri
6.         Memiliki kedisiplinan yang tinggi dan sportifitas

7.  
KOMPETENSI LULUSAN PEMBINAAN ORGANISASI & LIFE SKILL
1.         Memiliki dasar-dasar leadership
2.         Memiliki dasar-dasar administrasi
3.         Memiliki personal skill
4.         Memiliki Thinking skill
5.         Memiliki sosial skill
6.         Memiliki academik skill
7.         Memilki vocasioanal skill

8.  
KOMPETENSI LULUSAN PELATIHAN DAKWAH
1.          Memiliki pemahaman tentang konsep dakwah dengan baik
2.         Mampu memahami methode-methode dakwah
3.         Mampu melaksanakan dakwah fardiyah
4.         Mampu melaksanakan dakwah ‘amah
5.         Memahami kewajiban mentarbiyah
6.         Melaksanakan Tarbiyah (mengelola Halaqah)

9.  
KOMPETENSI LULUSAN AKADEMIK
1.         Mampu memahami kandungan surat Al-Baqarah dan juz 30 dengan baik dan benar
2.         Mampu menghafal hadits-hadits Arbain Nawawiyah serta memahami kandungannya dengan baik dan benar
3.         Mampu memahami Aqidah Islamiyah sesuai dengan manhaj Ahlus sunnah wal jama'ah serta menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari
4.         Memahami konsep ibadah dan muamalah yang benar sesuai tuntunan Rasulullah saw serta memiliki wawasan yang baik tentang hukum fiqh yang rajih dalam mazahib arba'ah
5.         Mampu memahami dasar-dasar Ilmu Tafsir, Ilmu Hadits dan Ushul Fiqh dengan baik
6.         Mampu memahami sirah nabawiyah dengan baik dan memahami dasar-dasar fiqh da'wah sesuai dengan manhaj dakwah Rasulullah saw
7.         Mampu berbahasa Arab, Inggris, dan Indonesia baik lisan maupun tulisan dengan baik dan benar
8.         Mampu menerapkan qawaid bahasa Arab dalam memahami literatur berbahasa Arab
9.         Menguasai ilmu kauni dengan baik dan benar
10.     Menguasai  ilmu sosial dengan baik dan benar

10.               
KOMPETENSI LULUSAN BAHASA ARAB
1.             Terampil dalam istima’
2.             Terampil dalam muhadatsah
3.             Terampil dalam qiraah
4.             Terampil dalam kitabah
5.             Mampu berpidato dalam bahasa Arab

11.               
KOMPETENSI LULUSAN BAHASA INGGRIS
1.          Terampil dalam listening
2.         Terampil dalam speaking
3.         Terampil dalam reading
4.         Terampil dalam writing
5.         Mampu berpidato dengan bahasa Inggris

12.               
KOMPETENSI LULUSAN TAHFIDZ & TAHSIN
1.         Memiliki bacaan Al-Qur’an yang baik dan benar sesuai dengan qaidah tajwid
2.         Memiliki hafalan 5 juz Al-Qur’an dengan itqan
3.         Mampu Berprilaku dengan Akhlaq Al-qur'an



(Boleh bersambung jika tidak muat)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar